Pages

20101204

Apa itu Affiliate Marketing ?

Affiliate Marketing adlah salah satu model bisnis online, dimana anda dibayar untuk menjual produk orang lain. Dengan kata lain, anda mendapat komisi sebagai agen.
Ini adalah salah satu model bisnis online yang TERMUDAH dan TERCEPAT untuk mendapatkan profit dari internet dan sangat cocok untuk pemula tanpa susah-susah membuat produk sendiri dan bisa dimulai dengan modal yang sangat minim.
Di dunia properti, affiliate marketing juga sering kali diterapkan dan biasanya disebut Makelar atau agen properti.
Secara umum, ada 3 model bisnis Affiliate Marketing yang dikenal secara umum :
1. Pay Per Click
Pay Per Click (bayar per Click) berarti dibayar tiap klik. Ini adalah sebuah metode kerjasama periklanan di internet. Webmaster atau pemilik situs akan dibayar atas setiap klik pengunjung situs pada link iklan yang terpasang di situs web atau blog miliknya. Pada umumnya, program program PPC mengharuskan blog atau situs web untuk menggunakan bahasa inggris. Ada banyak sekali program-program PPC, diantaranya google Ads. Beberapa Situs Indonesia yang menyediakan program PPC adalah KlikSaya.com dan KumpulBlogger.com
2. Pay Per Lead
Pay Per Lead adalah model bisnis affiliasi yang paling sederhana. Anda cukup membawa pengunjung ke website merchant yang memasukan data diri mereka (nama, email, No handphone), maka anda akan dibayar mulai dari US$0,01 sampai dengan beberapa dollar per lead. Ini juga biasa dikenal denga CPA (Cost Per Action).
Contoh situs Pay Per Lead adalah http://www.revresponse.com
3. Pay Per Sale
Pay Per Sale adalah sebuah bisnis online, dimana anda akan mendapat komisi setiap kali anda berhasil menjual produk orang lain. Usaha yang diperlukan memang sedikit lebih besar daripada Pay Per Lead, tetapi tentu saja komisi yang anda dapatkan lebih besar daripada dua metode sebelumnya. Semakin besar harga produk yang anda jual, semakin besar pula komisi yang akan anda dapatkan.
Contoh situs Pay Per Sale adalah www.clickbank.com dan www.amazon.com
Semoga dengan artikel ini bisa memberikan sedikit gambaran, model bisnis affiliate Marketing mana yang akan anda pilih.
Jika ada tambahan atau masukan dari teman-teman saya tunggu Comment nya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar