Pages

20101203

Bagaimana Cara Sukses Membuat Toko Online?

Salah satu bisnis di internet yang sekarang menjadi pilihan adalah membuat toko online. Para pedagang, pemilik usaha yang sebelumnya hanya memasarkan produk, istilah pasarnya : barang dagangan, secara offline dengan membuka toko secara fisik, banyak yang kemudian membuat website juga. Tujuannya adalah tentu saja agar omset penjualannya meningkat, tidak hanya terbatas pengunjung yang berkunjung ke tokonya saja, misalnya di ITC Roxy, tetapi juga para pengguna internet yang berkunjung ke toko online-nya.

Membuat Website Toko Online

Tetapi pada perkembangannya, banyak juga orang yang sebelumnya tidak memiliki toko secara fisik, kemudian memutuskan membuat toko online. Apapun alasan membuat toko online, sebaiknya teman-teman memperhatikan kembali cara sukses membuat toko online berikut ini:

- Sebelum membuat website sebaiknya tentukan terlebih dahulu jenis usaha apa yang ingin digeluti. Lain halnya jika sebelumnya teman-teman sudah memiliki usaha offline dan kemudian berniat membuat toko online untuk menaikkan penjualan. Tetapi jika sebelumnya tidak memiliki toko offline, maka penting untuk memilih dan memutuskan jenis usaha apa yang ingin ditekuni.

Pada tahap ini, penting sekali melakukan riset pasar seperti artikel Amel sebelumnya yang secara lengkap membahas mengenai alat gratis yang bisa digunakan untuk riset pasar dan juga langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan.

- Beli domain dan sewa hosting untuk membuka toko online. Kalau di perdagangan konvensional, langkah ini sama saja dengan kita memberi nama toko kita dan menyewa tempat misalnya di Pasar Pagi Mangga Dua. Jangan lupa, kembali lakukan riset keyword untuk nama domain yang cocok untuk toko online Anda. Perhatikan juga kualitas dan kredibilitas tempat Anda menyewa hosting.

- Desain website yang menarik dan friendly. Penting untuk membuat tampilan situs toko online kita menarik dan membuat pengunjung merasa nyaman berbelanja di toko kita. Sama halnya seperti berbelanja di toko offline, pengunjung yang berarti calon pembeli kita tentu saja akan senang jika penampilan situs toko onlinenya rapi, bagus, dan sedap dipandang.

- Sediakan fasilitas pembayaran yang fleksibel. Tambahkan fitur-fitur yang membuat pembeli mudah melakukan transaksi. Bisa kita tambahkan informasi mengenai nomor rekening kita misalnya BCA dan Bank Mandiri. Tetapi akan lebih baik juga jika kita sediakan fasilitas lain seperti terima pembayaran melalui paypal dan credit card.

- Customer Satisfaction. Ya, seperti bisnis lain pada umunya, bisnis di internet pun tetap membutuhkan perhatian akan kepuasan pelanggan. Salah satu cara agar kita memenangkan persaingan dalam menjalankan bisnis di internet adalah bisa dengan menyediakan fasilitas “customer service” atau “call center”. Bahkan beberapa toko online menyediakan garansi barang dalam jangka waktu tertentu.

- Jangan lupa lakukan promosi untuk toko online Anda. Adalah percuma jika kita memiliki produk yang bagus, tampilan toko online yang cantik dan rapi, tetapi tidak ada pengunjung atau calon pembeli yang mampir ke situs Anda. Lakukan tips dan tricks SEO, iklan, aktif di forum, promosi secara offline, dan lain-lain agar situs Anda mendapatkan pengunjung.
By : Amelia Budiman
Sumber : http://www.belajarinternet-marketing.com/cara-sukses-membuat-toko-online/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar