Pages

20101211

Persaingan Bisnis

Pada postingan kali ini, saya akan sedikit membahas mengenai persaingan Bisnis. Dalam segala hal hampir selalu ada dengan yang namanya persaingan, bahkan ada yang menganggap bila tidak ada persaingan, maka bisnis tersebut kurang menarik dan kurang menantang, begitu pula didalam menjalankan Bisnis Online.
Persaingan Bisnis adalah hal yang wajar, namun anda jangan terlena dan menjadi lemah ketika menghadapi persaingan bisnis online yang sangat ketat. Justru sebaliknya hal ini sebaiknya anda jadikan motivasi dalam menjalankan Bisnis Online, bila anda jeli mengamati perkembangan berbagai produk pesaing anda yang ditawarkan di pasaran cenderung semakin kreatif dan inovatif. Hal ini memberikan gambaran bahwa tidak selamanya persaingan bisnis menggunakan cara menjatuhkan lawan bisnisnya.
Berikut ini saya berikan sedikit tips sukses menjadikan persaingan sebagai motivasi bisnis anda, agar bisnis online yang anda jalankan tidak melemah ketika menghadapi persaingan yang sangat ketat :
1. Jangan pernah menganggap pesaing anda sebagai musuh anda, justru sebaliknya bila memungkinkan adakan pertemuan dengan para pelaku Bisnis Online yang bergerak dibidang yang sama dengan anda untuk melakukan diskusi, bertukar informasi dan mengatasi masalah bisnis bersama-sama. Ini berguna untuk menghindari adanya kecurangan dan penggunaan cara-cara kotor untuk menguasai persaingan di bisnis yang dijalankan.
2. Teruslah belajar dan berusaha menciptakan sesuatu yang baru, karena bila anda selalu berinovasi dengan produk yang baru, akan semakin sulit untuk para pesaing untuk meniru produk anda, jangan takut gagal karena dengan berkembangnya produk anda, bisnis anda tidak akan tertinggal oleh bisnis para pesaing, dengan semakin banyak anda berinovasi dalam produk anda, maka anda akan menjadi pemimpin pasar di bisnis online.
3. Jangan membuat persaingan sebagai beban, sebaliknya lebih baik anda menikmati persaingan, karena dengan anda menikmati persaingan yang sedang terjadi anda dapat berpikir untuk menghasilkan ide-ide bisnis anda yang kreatif dan inovatif untuk segera anda wujudkan.
4. Dengan adanya persaingan bisnis, Anda juga bisa mengevaluasi sejauh mana kualitas produk yang Anda ciptakan mampu bersaing di pasaran dengan produk pesaing. Selain itu Anda juga bisa menilai kelebihan produk pesaing, sehingga Anda dapat merencanakan inovasi produk yang lebih baik dari produk pesaing.
ini membuktikan bahwa persaingan bisnis tidak hanya melulu menimbulkan kerugian, bila anda menyikapinya dengan sikap positif justru persaingan lebih banyak menimbulkan keuntungan untuk berkembangnya bisnis anda. Semoga tulisan saya ini dapat memberikan motivasi untuk anda dalam menjalankan bisnis online yang semakin hari semakin ketat persaingannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar